Bandarkarima

Perguruan Seni Pencak

Koreografi Silat

Diskusi Bulan Maret 2011

Alhamdulillah diskusi bulanan sahabat silat telah terlaksana dengan baik pada hari Sabtu tgl. 26 Maret 2011 kemarin di Gedung PERSILAT, Padepokan Pencak Silat TMII... (walau dalam persiapannya harus sport jantung dan jungkir balik seperti biasa... hehehe)


Sesi pertama diisi dengan diskusi pertunjukan pencak silat di layar kaca.

Mas Kumoro Hadi, Executive Producer TV7, memaparkan aturan main yang umum berlaku di pertelevisian tentang keberadaan suatu acara... mulai dari rating, sharing, penetapan jam tayang dan target viewer.

Mas Bama, dari Production House yang membuat episode Pendekar, memaparkan pengalaman mereka memproduksi Pendekar sampai dengan 12 Episode. Tidak adanya koreografi gerak pada silat tradisional menyulitkan cameraman untuk menangkap gambar secara detail, sehingga keunikan masing-masing perguruan tidak terlihat di layar kaca. Diskusi berlangsung hangat dan semakin panas saat Dara, host acara Pendekar bergabung
.

 

 

Setelah ISOMA dan menikmati hidangan nasi timbel gulung yang langsung didatangkan dari Cipayung (*terima kasih atas perhatiannya yang tulus pak Eddie), diskusi dilanjutkan dengan sesi ke dua.

Sesi ke 2 dimulai dengan menampilkan rekaman video pembukaan PDIC 2010, sebagai ilustrasi bagaimana suatu perhelatan pencak silat dapat dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi pertunjukan yang sangat menarik. Narasi yang disampaikan mas Don S Basuki menjelaskan pentingnya kolaborasi berbagai pihak, silat dan non silat dalam mewujudkan pertunjukan tersebut.

Terakhir dan tidak kalah menarik adalah presentasi yang disampaikan om Syamsul Adnan dengan tema "Silat Seni dan Seni Silat". Atas ijin beliau, materi presentasi kita share di sini:

Teknik pertunjukan terdiri dari 3 stage utama yaitu:
1. Muncul
2. Memberi Isi
3. Menutup

Teknik pertunjukan yang terdiri dari 3 proses, yaitu muncul - memberi isi - menutup, dikemas dalam 6 parameter yang akan menentukan nilai dari pertunjukan itu sendiri:

1. Penokohan:
- Karakterisasi
- Ekspresi
- Emosi

2. Tata Bentuk:
- Koreografi
- Formasi
- Komposisi

3. Tata Busana/Rias:
- Original
- Modifikasi

4. Tata Artistik:
- Dekorasi
- Properti
- Multi media

5. Tata Suara:
- Vocal
- Sound:
- Original
- Kontemporer
- Effect

6. Tata Cahaya:
- Lighting
- Api
- Alam
- Bahan Kimia

Ternyata seni pertunjukan melibatkan berbagai aspek yang tidak sederhana ya...
Semoga bermanfaat.